Jumat, 09 September 2016

Langkah Budidaya Tanaman Kakao, Pemeliharaan & Pengendalian Hama



Pemeliharaan 

1. Penyulaman 

      Penyulaman dikerjakan jika tanaman kurang baik pertumbuhannya atau mati. Penyulaman bisa dikerjakan hingga tanaman berusia 10 th. lantaran tanaman bakal mulai dibongkar waktu berusia 25tahun. Denagn sekian, sebelumnya dibongkar tanaman pengganti telah berproduksi.

2. Penyiangan
Penyiangan mempunyai tujuan untuk mematikan gulma yang tumbuh dilahan. Dengan cara kimia bisa dikerjakan dengan pengguanaan herbisida, penyemprotan diupayakan janagan hingga tentang daun-daun tanaman. Penyiangan yang paling aman lewat cara dicabut, terlebih di sekitar batanag tanaman kakao.

3. Pemupukan
Pupuk yang didapatkan bisa berbentuk pupuk organik serta anorganik. Untuk memperoleh produksi optimal, pemupukan mesti dikerjakan denagn pas, baik saat, dosis, type, ataupun pemberiannya.

4. Pemangkasan
Pemangkasan adalah satu aksi atau aktivitas pembuangan atau pengurangan beberapa dari cabang, ranting serta daun, maksudnya anatara lain seperti berikut :
a. Memperole kerangka basic (frame) tanaman yang baik.
b. Mengatur penyebaran cabang, ranting, serta daun-daun produktif supaya rata.
c. Buang sisi tanaman yg tidak diinginkan, seperti tunas air serta cabang yang sakit.
d. Merangsang pembentukan sisi tanaman yang lebih produktif, seperti daun, ranting, serta cabang baru.
e. Kurangi serangan hama serta penyakit

Pemangkasan bisa dibagi dalam tiga step, yakni seperti berikut:

a. Pemangkasan Bentuk
Pemangkasan bentuk mempunyai tujuan membuat kerangka tanaman yang baik. Pemangkasan ini dikerjakan untuk peroleh tiga cabang primer yang tumbuh kuat serta sehat dari 4-6 cabang yang tumbuh serta jika sangat mungkin diambil cabang dengan arah tumbuh rata keatas. Pemangkasan dikerjakan waktu tanaman meraih ketinggian 1-2m serta setelah membuat 3-6 cabang paling utama.


b. Pemangkasan Pemeliharaan
Pemangkasan pemeliharaan dikerjakan untuk menjaga atau pelihara supaya kerangka basic tetaplah baik. Cabang sekunder yg tidak baik serta tunas air pada cabang sekunder serta primer dibuang. Pemangkasan ini dilaksanan pada th. ke-2 atau kurang lebi 14-18 bln. sesudah pembentukan jorket.
Pemangkasan pemeliharaan begitu memastikan bentuk serta susunan percabanagan tanaman kakao. Pemangkasan ini dikerjakan dengan cara teratur 2-3 bln. sekali atau bergantung pada perkembangan tanaman hingga tanman berusia 4 Th.. Janganlah memotong ujung atau tititk tumbuh cabang primer agar judul tanaman selekasnya sama-sama berjumpa serta tutup.

c. Pemangkasan Produksi
Pemangkasan produksi mempunyai tujuan mendorong tanaman agara berproduksi dengan cara optimal sesuai sama kekuatan yang dipunyai. Pemangkasna kurangi daun yang kurang produktif agara penyebaran daun produktif rata. Diluar itu, bebrapa sisi tanmaan yg tidak diinginkan, seperti cabang sakit, tnas air serta ranting kering dibuang.



                         *Baca Juga Trick Pembibitan Kelapa Sawit, Prenursery & Main Nursery



1. Hama

a. Penggerek Buah Kakao
Hama penggerek biasanya menyerang buah kakao muda, ketika buah meraih panjang sekitaran 8cm. Gejalanya terlihat jika buah telah masak, yaitu warna kulit buah sirna serta muncul belang berwarna jingga. Jika diguncang tak menyebabkan bunyi serta jika buah dibelah warna daging hitam, biji menempel keduanya berwarna hitam, kriput serta enteng.

Penegendalianya bisa dikerjakan lewat cara seperti berikut.
1). Rompesan buah, yaitu menuai buah secarasrentak sesudah panen besar.
2). Penyelubungan buah, yaitu menyelubungi buah yang masihlah muda (panjang buah 8-10cm) memakai kantong plastikdengan panjang 30cm, lebar 15cm, serta tidak tipis 0, 2mm.
3). Karantina atau tak menghadirkan buah kakao yang bakal di ambil bijinya dari tempat sumber hama.

b. Kepik Penghisap Buah
Tanda-tanda serangn, pada buah ada bercak-bercak cekung berwarna coklat kehitaman. Bila menyerang ranting serta daun, di bagian yang diserang bakal muncul bercak-bercak cekung, lalu ranting serta daun layu, kering serta mati. Ingindalian dengan cara kimia memakai inteksida serta memakai musuh alami, seprti semut hitam, bealalng sembah serta laba-laba.

c. Ulat Kilan
Gejalanya daun berlubang, jika serang daun tua juga terserang hingga tanamn gundul. Ingindalian dengan cara mekanis dengan memotong ranting serta daun yang diserang, lalu ulat yang terkumpul dibenamkan ke tanah. Ingindalian dengan cara kimiawi mengguanakan inteksida.

2. Penyakit

a. Penyakit Busuk Buah
Buah yang terserang beralih warna jadi coklat kehitaman dari mulai ujung buah. Tanda-tanda didapati pada buah muda ataupun yang telah masak.
Ingindalian secar mekanis dengan mengambil buah yang busuk, lalu dipendam sedalam sekitaran 30cnm dari permukaan tanah. Kultur tehnis, yaitu mengatur kelembapan kebun supaya tak terlalau tinggi serta drainase


Jika anda ingin membuat kebun dirumah dengan menggunakan pot pot kecil ataupun polybag, jangan bingung kami menyediakan plastik polybag untuk pembibitan tanaman jika anda berminat silahkan hubungi kami di  0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau info lengkap di www.Polybag99.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar