Jumat, 29 April 2016

Pengisian Media Di Dalam Polybag

Kriteria Media


Ketentuan media tumbuh yang baik yaitu enteng, murah,gampang didapat, (poros, gembur)serta subur/kaya unsur hara. Pemakaian media tumbuh yang pas bakal memastikan perkembangan optimum bibit yang ditangkarkan. Komposisi media tanam untuk isi polibag bisa dipakai kombinasi tanah, pupuk kandang serta sekam padi dengan perbandingan 1 : 1 : 1.



Untuk info produk, silahkan lihat web : Pabrik Plastik Polybag di Sidoarjo Jawa Timur

Media tumbuh yang baik bakal memastikan kesuksesan dalam pembibitan. Media yang baik mesti memenuhi kriteria seperti berikut :
1) Bebas hama serta penyakit.
2) Gembur, volume serta bentuk relatif stabil.
3)Bisa menahan air serta udara dalam jumlah sepadan serta memenuhi.
4)Gampang melepas keunggulan air.
5) Aerasinya baik.
6) Cukup mengandung unsur hara.

Media tumbuh yang dipakai dalam pembibitan berbentuk kombinasi pada tanah gembur, pasir serta pupuk kandang/kompos atau dapat media yang lain. Pencampuran sebagian type media tumbuh mesti memerhatikan manfaatnya.

Misal :
1)Untuk menyemai benih/kecambah,bisa mencampurkan tanah, pasir, pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 2 : 1. Adapun maksud serta maksud pencampuran media ini supaya didapat suatu bentuk media yang subur, gembur, dengan aerasinya tinggi hingga benih/kecambah yang disemai bisa gampang tumbuh apabila bibit disapih gampang dicabut.

2)Untuk media penyapihan bibit,bisa memakai kombinasi pada tanah, pasir serta pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1
Sebagian komponen media tumbuh yang telah dipilih lalu digabung rata/homogen.Untuk memperoleh hasil kombinasi yang baik, komponen media yang bakal digabung mesti kering. Pencampuran sebaiknya diawali dari media yang perbandingannya paling sedikit lantas diikuti dengan media yang perbandingannya semakin banyak.

Pengisian media dalam polibag
Pengisian media tumbuh kedalam polibag bisa dikerjakan dengan memakai sekop kecil. Mengenai langkah isi media dalam polibag yaitu seperti berikut :
1) Bibir polibag dilipat sesuai ukuran polibag sejumlah 2 x lipatan.
2) Media diisikan lewat cara bertahap sedikit untuk sedikit sembari dipadatkan dengan cara hati-hati.
3) Pengisian media hingga batas 90% terisi. Polibag yang telah terisi media, disimpan dalam tempat pembibitan dengan diatur rapi sesuai sama tempat yang sudah ditetapkan. Supaya penyusunan polibag teratur jadi dalam membenahi mesti memerhatikan beberapa hal seperti berikut :
4) Polibag yang diatur dalam pasir berdiri tegak
5) Polibag antar polibag mesti rapat
6)Pengaturan polibag digolongkan dengan berbasiskan memanjang serta melabar lurus sesuai bentuk bedengan.

Satu diantara ketentuan benih bisa berkecambah dengan baik jika media yang dipakai pas/sesuai sama untuk tumbuhnya. Media yang baik untuk perkecambahan benih jika memenuhi sebagian syarat diantaranya :

1)Tak mengandung toksin
2)Gampang menyerap air serta melepas keunggulan air
3)Mempunyai pH netral
4)Bebas hama serta penyakit
5)Mempunyai aerasi yang baik

Untuk memperoleh media perkecambahan sesuai sama syarat itu,jadi bahan media yang bisa dipakai yaitu kertas buram, koran, kertas saring, tissue, pasir, tanah, batu merah dan sebagainya. Sepanjang mempersiapkan media perkecambahan hal yang perlu di perhatikan yaitu type benih yang bakal dikritik bahkan sesuai dengan karakteristik dari benih yang disemai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar