Kamis, 18 Februari 2016

Budidaya Tanaman Jabon



Dari beragam jenis kelompok kayu yg ada di Indonesia, saat ini Jabon jadi satu diantara kelompok tanaman yg paling disukai beberapa petani.

Pertumbuhannya yg lebih selekasnya dari tanaman kayu yang lain & besar nya ketertarikan pasar pada type kayu ini, membuat beberapa petani lebih tertarik membudidayakan kelompok kayu itu sbg satu diantara peluang usaha yg mereka tekuni.

Rata-rata kayu jabon seringkali digunakan warga untuk bahan baku mebel, peti, perlengkapan rumah tangga, bahan baku pulp (bubur kertas), mainan anak-anak, papan triplek, korek api, & bahan baku kayu lapis. Bahkan juga banyak pemakai memiliki pendapat kalau kayu Jabon memiliki mutu lebih keren dari pada kayu sengon. Segi berikut yg membuat sebahagian agung masyarakat mulai sejak membudidayakan kayu jabon yang disebut bentuk investasi usaha yg aman serta menjanjikan.

 *Baca Juga Berbagai Macam Ukuran Plastik Polybag Sebagai Referensi

Pohon Jabon (Anthocephalus cadamba) yakni satu diantara kelompok kayu yg pertumbuhannya
 sangat cepat & bakal tumbuh subur di rimba tropis berbarengan ketinggian 0 – 1000 m dpl.
Diwaktu ini Jabon jadi andalan industri perkayuan, termasuk kayu lapis, karena Jabon memiliki demikian banyak kelebihan di banding dengan tanaman kayu yang lain termasuk sengon/albasia. Dari hasil uji coba yg telah dikerjakan, kelebihan tanaman jabon mampu di jabarkan dari demikian banyak sisi, salah satunya :
 - Diameter batang dapat tumbuh sekitar 10 cm/thn.
 - Periode produksi jabon yg singkat hanya 4 -5 thn.
 - Berbatang silinder dgn tingkat kelurusan yg sangat bagus.
 - Tidak membutuhkan pemangkasan karena pada periode perkembangan cabang akan rontok sendiri (self purning).

Perkembangan Jabon Begitu Cepat
Perkembangan benar-benar cepat di banding dengan kayu keras yang lain termasuk jika di banding dgn sengon (albasia), Jabon termasuk tumbuhan pionir sama dengan sengon. Dianya bakal tumbuh di tanah liat, tanah lempung podsolik cokelat, atau tanah berbatu. Selama ini jabon bebas serangan hama & penyakit, termasuk karat tumor yg saat ini banyak menyerang sengon.


http://UvPlastik99.com


Prospek Pemasaran
Karena type kayunya yg berwarna putih agak kekuningan & tdk kelihatan seratnya, hingga kayu jabon sangat begitu diperlukan oleh industri kayu lapis (plywood), industri meubel, pulp, pembuat peti buah, mainan anak-anak, korek api, Alas sepatu, Papan, Tripleks. Tentang berikut yg mengakibatkan pemasaran kayu jabon sekalipun tidak alami kesulitan.

Nilai Ekonomis
Budidaya tanaman jabon akan memberi keuntungan yg sangat begitu menggiurkan bila ditangani dengan serius & benar. Perkiraan dalam 4 -5 thn akan tiba, didapat dari penjualan 625 pohon berumur 4 - 5 thn jumlahnya 800 -1. 000 m3 per ha. Perkiraan harga jabon pada 5 thn akan tiba Rp1, 2-juta/m3. Dgn harga jual Rp1, 2-juta per m3 & produksi 800 m3, hingga omzet dari penanaman jabon meraih Rp960-juta per ha. saat ini harga per m3 jabon berumur 4 th meraih Rp716. 000 ; umur 5 thn, Rp837. 000. Misal harga jabon tak terkerek naik dengan kata lain Rp716. 000 per m3, hingga omzet dari budidaya jabon ‘hanya’ Rp572. 800. 000.

Prospek Investasi Jabon
Menanam jabon seperti menanam emas, karena kebutuhan kayu bisa tetaplah meninggi, karena saat ini pemerintah melarang penggunaan kayu bulat hasil tebangan rimba alam, mengakibatkan banyak industri tutup akibat kekurangan supply kayu, jadi pada musim akan tiba, harga kayu jabon akan semakin bertambah tetaplah.

Pengecambahan Benih Jabon



a. Sediakan sarana ruang kecambah (bak plastik) & sungkup dari plastik
b. Sarana perkecambahan yaitu :
 - Kombinasi pasir halus & tanah halus (1 : 1), disterilisasi dengan cara digoreng ketika 2 jam. untuk mencapai sarana pasir halus, pasir di ayak dgn ayakan memiliki ukuran mikro (ayakan nyamuk).
 - Kombinasi cocopeat (sabut kelapa yg sudah dicacah) & arang sekaram (2 : 1). Keduanya dapat didapat/dibeli di beberapa toko pertanian.
c. Sebelumnya benih ditabur, sarana disiram sampai jemu. Kalau perlu bak tabur ditutup dgn plastik transparan (sungkup).

*Baca Juga Langkah Budidaya Tanaman Cengkeh

d. Penaburan benih dapat digabung berbarengan pasir halus agar menebar rata dalam bak.
e. Biasanya benih sejak mulai berkecambah setelah 7-15 hri setelah penaburan & akan mulai sejak rata setelah 30 hri.
f. Dalam satu bak kecambah ukuran 25 cm. x 20 cm. banyak biji yg ditabur pass 1 sendok teh.
Tehnik pembibitan jabon yg banyak dikerjakan oleh masyarakat terutama taraf besar yaitu dgn
Setelah itu diaduk sama rata & di isi kedalam kotak bedeng yg telah dialasi plastik. Ada juga sebahagian masyarakat yg menggunakan sarana dari tanah liat seperti tanah sawah. Aspek ini bisa boleh saja lantaran tanah liat mempunyai kekuatan menahan air dalam sewaktu yg lumayan lama, jadi bibit terlepas dari kekeringan. tetaplah bedeng yg sudah terisi fasilitas tanah kombinasi tadi di genangi air sampai jemu.

melayani pemesana polybag untuk segala penanaman tanaman, jika anda berminat silahkan hubungi kami di 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau klik disni untuk mengetahui info update harga lebih lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar